Pentingnya Aplikasi Sismadak dan Akreditasi RSUD Curup

 5,164 total views,  6 views today

Untuk memudahkan tersentralnya dokumen terkait akreditasi rumah sakit, sehingga memudahkan pencarian bagi pihak RS sendiri dan juga surveyor, maka telah disediakan sebuah aplikasi yang dinamakan Sismadak, yang kepanjangannya adalah Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi.

Hal ini berguna untuk meminimalkan risiko kerusakan dokumen serta (jika di daerah) sering berpindah tugasnya SDM yang terkait dengan data akreditasi rumah sakit, sementara diperlukan proses penyimpanan dan pencarian yang lebih cepat saat dibutuhkan.

Oleh karena pentingnya dokumen akreditasi, maka pihak Rumah Sakit perlu memanfaatkan aplikasi SISMADAK yang disediakan oleh KARS.

Tampilan menu aplikasi Sismadak

Aplikasi ini terdiri dari 2 versi, versi gratis (sebagai latihan) serta versi berbayar. Aplikasi Sismadak versi gratis ada beberapa fitur yang dimatikan, sementara yang berbayar harus memberikan biaya lisensi penggunaan sebesar 5 juta kepada KARS. Di samping itu, KARS juga menawarkan tutorial penggunaan aplikasi Sismadak dengan biaya 8 juta untuk seluruh staf/pokja rumah sakit secara onsite.

Pada umumnya, para surveyor akreditasi rumah sakit akan melakukan asesmen pendahuluan kepada Rumah Sakit yang akan diakreditasi dengan melihat ketersediaan dokumen pada aplikasi SISMADAK serta melakukan penilaian awal ketersediaan dokumen akreditasi dan kelengkapannya.

Tampilan menu pada aplikasi Sismadak

Aplikasi Sismadak akan dipasang di server komputer rumah sakit, dan masing masing pokja akreditasi akan mengirim dokumen yang terkait dengan dokumen pokja melalui sistem intranet atau LAN. Setelah terkumpul di server rumah sakit, baru dikirim ke server KARS.

Adapun fitur fitur yang tersedia pada aplikasi SISMADAK adalah sebagai berikut:

  1. Tersedia Standard 2012 dan SNARS Ed.1
  2. Pengisian untuk self assessment rumah sakit
  3. Upload dokumen, regulasi, dll untuk masing masing elemen penilaian
  4. File Manager untuk menyimpan dokumen tambahan (mirip seperti Dropbox, Google drive)
  5. Indikator mutu nasional dan benchmark
  6. Indikator lokal untuk keperluan internal RS
  7. Pendataan profil dan staff RS
  8. Dashboard
  9. Pengaturan hak akses pengguna pada filemanager dan modul
  10. Pengaturan konfigurasi
  11. Pendataan unit/bagian
  12. Pencarian dokumen pada seluruh standar bab
  13. Pendataan Logbook Bimbingan (Mis. PPDS)

Aplikasi ini terdiri aplikasi XAMPP dan aplikasi pengelolaan dokumen Sismadak berbasis web. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi Sismadak ini, seluruh pokja bisa memasukkan dokumen terkait akreditasi dalam bentuk file digital/pdf serta menginput indikator terkait.

Direncanakan rumah sakit Curup akan membeli lisensi aplikasi Sismadak ini serta tutorial penggunaannya dari KARS pada  November 2018. Semoga bisa terlaksana dan berjalan dengan sukses.

Comments are closed.