Workshop Sismadak Jelang Akreditasi RSUD Curup 2018

Published by adminrs on

Untuk memudahkan tersentralnya dokumen dari pokja akreditasi RSUD Curup, sehingga memudahkan pencarian dokumen bagi pihak RSUD sendiri dan juga surveyor, maka oleh KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit) telah disediakan sebuah aplikasi yang dinamakan Sismadak, yang kepanjangannya adalah Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi.

Hal ini berguna untuk meminimalkan risiko kerusakan dokumen serta (jika di daerah) sering berpindah tugasnya SDM rumah sakit yang terkait dengan data akreditasi rumah sakit, sementara diperlukan proses penyimpanan dan pencarian yang lebih cepat saat dibutuhkan.

Oleh karena pentingnya dokumen terkait akreditasi, maka pihak RSUD Curup perlu memanfaatkan aplikasi SISMADAK yang disediakan oleh KARS.

Aplikasi ini terdiri dari 2 versi, versi gratis (sebagai latihan) serta versi berbayar. Aplikasi Sismadak versi gratis ada beberapa fitur yang dimatikan, sementara yang berbayar harus memberikan biaya lisensi penggunaan sebesar 5 juta kepada KARS. Di samping itu, KARS juga menawarkan tutorial penggunaan aplikasi Sismadak dengan biaya 8 juta untuk seluruh staf/pokja rumah sakit secara onsite.

Pada umumnya, para surveyor akreditasi rumah sakit sebelum turun ke lapangan, akan melakukan asesmen pendahuluan kepada Rumah Sakit yang akan diakreditasi dengan melihat ketersediaan dokumen pada aplikasi SISMADAK serta melakukan penilaian awal ketersediaan dokumen akreditasi tersebut dan kelengkapannya sesuai standar akreditasi standar rumah sakit versi 2012 atau versi SNARS edisi 1.

Aplikasi Sismadak akan dipasang di server website RSUD Curup dengan alamat website RSUD Curup (www. rsud.rejanglebongkab.go.id/sismadak), dan masing masing pokja akreditasi akan mengirim dokumen yang terkait dengan dokumen pokja ke alamat website tersebut. Setelah terkumpul, maka xsurveyor bisa dilakukan assesment awal tentang kesiapan dokumen akreditasi RSUD Curup dari Jakarta, tinggal telusur untuk melihat implementasinya.

Adapun fitur fitur yang tersedia pada aplikasi SISMADAK adalah sebagai berikut:

  1. Tersedia Standard 2012 dan SNARS Ed.1
  2. Pengisian untuk self assessment rumah sakit
  3. Upload dokumen, regulasi, dll untuk masing masing elemen penilaian
  4. File Manager untuk menyimpan dokumen tambahan (mirip seperti Dropbox, Google drive)
  5. Indikator mutu nasional dan benchmark
  6. Indikator lokal untuk keperluan internal RS
  7. Pendataan profil dan staff RS
  8. Dashboard
  9. Pengaturan hak akses pengguna pada filemanager dan modul
  10. Pengaturan konfigurasi
  11. Pendataan unit/bagian
  12. Pencarian dokumen pada seluruh standar bab
  13. Pendataan Logbook Bimbingan (Mis. PPDS)

Diharapkan dengan menggunakan aplikasi Sismadak ini, seluruh pokja bisa memasukkan dokumen terkait akreditasi dalam bentuk file digital/pdf serta menginput indikator terkait dari ruangan yang punya jaringan internet.

Direncanakan RSUD Curup akan mengadakan workshop serta tutorial penggunaannya Sismadak dengan nara sumber dari KARS pada  hari Sabtu, 17 November 2018. Adapun pesertanya diharapkan hadir ketua pokja serta 1 anggota yang sedikit paham internet/komputer serta pokja telah membawa regulasi/dokumen dalam bentuk pdf/doc/xls (dokumen yang dibuat di Word atau Exels)

Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dan berjalan dengan sukses.

Share it:
Categories: Akreditasi RSUD