Upaya Pemberdayaan dalam Promosi Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Curup bertujuan membantu memfasilitasi pasien sehingga memiliki pengetahuan, kemauan dalam kemampuan untuk mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Pemberdayaan pasien dan keluarga dalam promosi kesehatan tidak hanya dilaksanakan dengan sasaran pengunjung pada ruang konsultasi yang disediakan di Poliklinik maupun Instalasi namun kegiatan ini dilaksanakan juga langsung melibatkan pengunjung (pasien dan keluarga) pada saat menunggu di ruang tunggu layanan di Rumah Sakit umum Daerah Curup.

Penyebarluasan informasi melalui wadah Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Curup diketuai oleh Bapak Randy Septania, SKM yang memiliki kemampuan ­problem solving sangat baik serta didukung oleh Koordinator Sekretariat dr. Honey Rossa Nita yang humble berupaya memberikan pelayanan promosi kesehatan yang berkualitas dengan melibatkan semua profesi kesehatan di keahlian masing – masing, dengan harapan dalam penyelenggaraan promosi kesehatan yang rutin dilaksanakan sebagai bagian dari program kegiatan RSUD Curup dapat dilaksanakan secara maximal sehingga semua pesan kesehatan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pasien maupun keluarga pasien.

Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Curup merupakan salah satu Instalasi yang berperan dalam memberikan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dibawah Koordinator Hebat Tim PKRS Instalasi dan Penunjang lainnya ibu Herlina, S.Kep. NERS. Kegiatan edukasi yang dilaksanakan pada Minggu ketiga bulan Mei tahun 2022 oleh tim Instalasi Gizi dikemas dengan sangat interaktif melalui Game dengan mencocokkan gambar dalam pengenalan bahan pokok pangan sebagai sumber zat gizi. Pengunjung sangat antusias dalam kegiatan edukasi mengenai Gizi Seimbang yang dilaksanakan diruang tunggu pelayanan Apotek Rawat Jalan.

 

Yosefine Aprilia KIP S.Gz  ASN handal selaku Kepala Instalasi Gizi RSUD Curup menyediakan doorprize menarik bagi pengunjung yang aktif terlibat dalam kegiatan edukasi tersebut. Semua tim penyelenggara kegiatan sangat Solid  dan berperan aktif sehingga  menjadikan suasana edukasi lebih meriah.

Dalam kegiatan edukasi kesehatan dengan sasaran pengunjung Apotek Rawat Jalan,  Sekretariat Promosi Kesehatan Rumah Sakit umum Daerah Curup melibatkan ahli gizi sebagai narasumber.  Pengunjung sangat antusias mendengarkan pesan sehat yang disampaikan oleh Andanu Bima Saputra S.Gz dan Selvy Revitasari S.Gz  yang merupakan ahli gizi di RSUD Curup. Menu makanan pada pasien dengan Diabetes Militus menjadi bahasan dari sebagian besar pengunjung. Disela – sela kegiatan Indah Suryani, SKM & Muthmainah, AMG yang merupakan petugas di Instalasi gizi RSUD Curup juga membagikan leaflet Diit penyakit bagi penderita Penyakit Jantung, Diabetes Mellitus, Hypertensi dll sebagai media cetak yang berisikan informasi bagi pengunjung untuk bahan bacaan di rumah.

Svastha Harena merupakan motto pada Instalasi Gizi dalam pelayanan gizi di Rumah Sakit Umum Daerah Curup dalam upaya pemenuhan gizi bagi pasien rawat inap untuk mempercepat penyembuhan dan pemulihan. Tentunya makanan yang diberikan kepada pasien adalah makanan dengan gizi yang seimbang untuk kesehatan sesuai Motto Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Curup. Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Curup terus berbenah dan akan selalu memberikan pelayanan terbaik. Menu makanan yang disediakan untuk pasien disusun melalui perencanaan menu yang matang melaui langkah – langkah; Pembentukan tim kerja, menetapkan macam menu/ hidangan sesuai jadwal, menetapkan lama siklus menu dan kurun waktu penggunaan menu, menetapkan pola menu, besar porsi, merancang format dan melakukan penilaian menu dan merevisi menu .

Pada kesempatan terpisah Kasi Penunjang Medik RSUD Curup Hermantoni, S. Kep. NERS bersama tim melaksanakan monitoring terhadap pelayanan Instalasi gizi, hasil monitoring terdata cakupan presentase mutu Instalasi Gizi (kesesuaian, cita rasa dan ketepatan penyajian) kepada pasien untuk kegiatan 5 bulan terakhir cukup baik, hidangan yang diberikan kepada pasien rawat inap hanya tersisa dengan presentasi yang sangat kecil, ini artinya makanan yang disediakan sangat berkualitas baik dari rasa maupun jenis menu hidangan yang disediakan. Tentunya makanan yang disajikan sesuai Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit.

Penanggung Jawab PKRS RSUD Curup yang juga menjabat sebagai Kabid Pelayanan RSUD Curup dr. Muhammad Galih Supanji, Sp.OG yang terkenal sangat ramah dan berjiwa Leadership ini selalu  berupaya membangun tim hebat, dimana komunikasi, kekompakkan dan solidaritas anggotanya menjadi kunci utama dalam setiap kegiatan. Beliau  berharap Penyelenggaraan PKRS RSUD Curup dapat rutin dilaksanakan dengan sasaran lokasi kegiatan pada semua unit layanan.

“Bahwa dalam menjamin pemenuhan hak setiap orang untuk mendapatkan informasi dan edukasi tentang kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Curup serta menjamin terlaksanaanya pelayanan kesehatan yang paripurna perlu didukung dengan promosi kesehatan yang dilakukan secara optimal, efektif, efisien, terpadu dan berkesinambugan. Teruslah berinovasi dalam meningkatkan mutu layanan” tegas dr. Rheyco Victoria, Sp.An selaku Pembina PKRS RSUD Curup.

@RSUD Curup KUAT BERSATU

#Instalasi Gizi RSUD Curup siap memberikan pelayanan professional.

Share it:
Categories: Promosi Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.