PENERAPAN E-SURVEY DALAM EVALUASI KUALITAS PELAYANAN DI RSUD KABUPATEN REJANG LEBONG

Published by Nurwati Hutabarat, SKM on

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik dengan tujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan dari masing– masing unsur dalam penyelenggaraan pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, setiap penyelenggara pelayanan publik baik yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung wajib menyusun, menetapkan dan menerapkan standar pelayanan untuk setiap jenis pelayanan sebagai tolak ukur dalam penyelenggaraan pelayanan.

Mengacu kepada  Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Pelaksanaan Survey Kepuasan Mayarakat, sejak awal Tahun 2022  Direktur RSUD Kabupaten Rejang Lebong dr. Rheyco Victoria, Sp.An yang terkenal dengan gaya kepemimpinan yang komunikatif dan transfaran ini mendukung penuh pengembangan metode survey dari pelaksanaan survey melalui kontak langsung dengan mendistribusikan formulir kepada responden, berangsur beralih menggunakan aplikasi E-Survey sebagai alat dalam menilai tingkat kepuasan masyarakat yang merupakan gagasan dari salah satu tim mutu RSUD Kabupaten Rejang Lebong Teguh Ananda Mustakim, Amd. Kep.

Tentunya upaya pengenalan dan pemanfaatan E–Survey kepuasan masyarakat atas pelayanan RSUD Kabupaten Rejang Lebong mendapat dukungan dari berbagai pihak secara terintegrasi dengan bukti dukungan telah disusunnya regulasi tentang pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan tersebut melalui diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Nomor: 58/RSUD-SK/2022 Tentang Kebijakan Pelayanan Humas RSUD Curup.

Sejak awal tahun 2022 melalui kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Kabupaten Rejang lebong yang di ketuai oleh Bapak Randy Septania, SKM dengan pemikiran yang strategis terus berupaya memperkenalkan tentang pelaksanaan E- Survey kepada pengunjung dalam upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait peningkatan kualitas pelayanan.

Dalam waktu  lebih kurang 9 (sembilan) bulan pelaksanaan penerapan E- Survey tim mutu rumah sakit dan tim humas sebagai pengelola bersama tim PKRS RSUD Kabupaten Rejang Lebong terus berupaya melakukan pendekatan kepada sasaran dalam pemahaman dan penggunaan aplikasi E- Survey melalui di publikasikannya tampilan  barcode  atau kode batang survey kepuasan masyarakat disetiap unit layanan.

Berpedoman pada Dasar Hukum pelaksanaan survey kepuasan masyarakat  melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong,  format pengolahan data survey kepuasan masyarakat di RSUD Kabupaten Rejang Lebong meggunakan 9 (sembilan) unsur pelayanan sebagai indikator yang menjadi tolak ukur pelaksanaan E-Survey  dan disusun dalam materi pertanyaan sebagai bahan evaluasi sebagai berikut :

  1. Kesesuaian persyarataan
  2. Prosedur pelayanan
  3. Kecepatan pelayanan
  4. Kesesuaian/ kewajaran biaya
  5. Kesesuaian pelayanan
  6. Kompetensi petugas
  7. Prilaku tugas pelayanan
  8. Penanganan pengaduan
  9. Kualitas sarana dan prasarana.

Dari hasil pengolahan data triwulan tiga dan triwulan empat Tahun 2022 terdata masyarakat mulai mampu memanfaatkan E-Survey dalam menilai kinerja pelayanan RSUD Kabupaten Rejang Lebong sehingga dapat dipantau peringkat kepuasan berdasarkan 9 (sembilan) unsur pelayanan sebagai tolak ukurnya..

Aplikasi E- Survey kepuasan masyarakat berangsur – angsur mulai di kenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat, terlihat dari adanya peningkatan jumlah responden dari total di triwulan tiga Tahun 2022 sejumlah 19 responden meningkat sebanyak 89 responden pada rekapan pengolahan data bulan Oktober, November dan Desember Tahun 2022. Hasil pengolahan data menggambarkan index kepuasan masyarakat pada rekapan triwulan empat Tahun 2022 mencapai angka 78,69 dengan nilai mutu pelayanan “Baik” tutur wakil ketua tim Humas RSUD Kabupaten Rejang Lebong Bapak Andrias Rio Bermani, SKM.MH yang terkenal selalu memotivasi terhadap rekan kerjanya ini.

Pengolahan data hasil survey kepuasan masyarakat per responden dan per unsur menunjukkan  bahwa ada kemauan dan keingintahuan masyarakat dalam pemanfaatan dan pemahaman pengembangan metode survey terhadap kepuasan masyarakat atas pelayanan RSUD Kabupaten Rejang Lebong.

Pengembangan informasi dengan memanfaatkan  teknologi  tepat guna perlu menjadi perhatian khusus, sehingga RSUD Kabupaten Rejang Lebong sebagai fasilitas pelayanan kesehatan rujukan dalam memberikan pelayanan paripurna  dengan fungsi promotif, preventif, curative dan rehabilitatif dapat terselenggara dengan optimal. Tentunya dengan penerapan E-Survey kepuasan masyarakat di RSUD Kabupaten Rejang Lebong dapat memberikan kemudahan dalam mengevaluasi hasil kerja, sehingga dapat diketahui sedini mungkin seberapa besar distorsi terhadap kondisi yang diharapkan dan  mengetahui sejauh mana  E -Survey dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai alat dalam  mengevaluasi kinerja pelayanan RSUD Kabupaten Rejang Lebong.

Direktur RSUD Kabupaten Rejang Lebong dr. Rheyco Victoria, Sp.An  dalam agenda apel pagi menghimbau agar karyawan/ karyawati RSUD Kabupaten Rejang Lebong untuk dapat mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam melaksanakan evaluasi terhadap pelayanan RSUD Kabupaten Rejang Lebong melalui pelaksanaan E- Survey pada barcode yang sudah disediakan disemua unit layanan demi menciptakan RSUD Kabupaten Rejang Lebong sebagai Pusat Rujukan Regional dengan pelayanan berkualitas, profesional dan mandiri.

“AYO SANAK dukung kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey kepuasan melalui scan atau memindai objek dokumen Quick Response –Code yang telah disediakan atau bisa akses melalui tautan: https://bit.ly/38ymGVz” pinta Direktur seperti yang tertera pada pesan tampilan barcode atau kode batang survey kepuasan masyarakat.

RSUD Kabupaten Rejang Lebong “KUAT BERSATU”.

Share it:
Categories: Promosi Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.