Pelayanan Penunjang

 2,974 total views,  2 views today

PROGRAM KERJA INSTALASI PELAYANAN KESEHATAN PENUNJANG MEDIS DAN NON MEDIS

RSUD CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG

TAHUN 2018

 

  1. Pendahuluan

Dalam Undang-undang RI no 44 tahun 2009 tentang Rumah sakit dijelaskan bahwa penyelenggaraan rumah sakit bertujuan memberi perlindungan terhadap keselamatan pasien (patien Safety), masyarakat, lingkungan rumah sakit dan sumber daya manusia di rumah sakit. Oleh sebab itu rumah sakit berkewajiban memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi dan efektif dengan mengutamakan kepentingan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit termasuk di dalamnya pelayanan tenaga kesehatan lainnya.

Rumah sakit adalah semua sarana kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, tindakan medik yang dilaksanakan selama 24 jam melalui upaya kesehatan perorangan.  Dalam penyelenggaraan pelayanan rumah sakit, maka rumah sakit harus melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan medik serta  pelayanan penunjang medis dan non medis baik melalui akreditasi, sertifikasi, ataupun proses peningkatan mutu lainnya.

Dalam perkembangannya rumah sakit telah berubah menjadi suatu institusi yang sangat kompleks sehingga memerlukan suatu manajemen yang baik.  Dengan mengikuti standar akreditasi rumah sakit di Indonesia maka diharapkan rumah sakit akan dapat memberikan sebuah pelayanan yang baik, pelayanan yang baik ini tidak akan terwujud apabila rumah sakit tidak memperhatikan fasilitas keamanan untuk pasien (patient safety), pengunjung, dan petugas (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif yang menyangkut struktur, proses, outcome secara objektif, sistematik dan berlanjut memantau dan menilai mutu dan kewajaran pelayanan terhadap pasien, menggunakan peluang untuk meningkatkan pelayanan pasien, dan memecahkan masalah-masalah yang terungkapkan sehingga pelayanan yang diberikan di rumah sakit berdaya guna dan berhasil guna. Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit perlu didukung oleh sumber daya yang dimiliki meliputi sumber daya manusia, sarana, prasarana, peralatan medis, dan anggaran rumah sakit yang memadai.  Buku program kerja ini merupakan kerangka dasar dalam pelaksanaan kegiatan atau rencana kerja bidang pelayanan medis serta pelayanan penunjang medis dan non medis  sehingga dapat melaksanakan kegiatan tersebut secara sistematis dan terkoordinasi.

  1. Tujuan Umum dan Khusus. 

a. Tujuan Umum

Meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Curup Kabupaten Rejang Lebong.

b. Tujuan Khusus

  • Terselenggaranya penempatan (distribusi), pembinaan, bimbingan dan monitoring kinerja pelayanan penunjang medis dan non medis.
  • Terselenggaranya pengaturan dan pengawasan fasilitas sarana dan prasarana pelayanan.
  • Terselenggaranya perencanaan, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tenaga kesehatan lainnya.
  • Terselenggaranya evaluasi pengendalian mutu pelayanan penunjang medis dan non medis.
  1. Sasaran

a. Instalasi Penunjang Medis

  • Instalasi GIZI
  • Instalasi Laboratorium Klinik
  • Instalasi Rekam Medis
  • Instalasi Farmasi
  • Instalasi Radiologi
  • Instalasi Rehab medik
  • Instalasi Laboratorium PA
  • Instalasi CSSD
  • Instalasi Kemitraan

 b. Instalasi Penunjang Non Medis

  • Instalasi Pengendalian Air dan Limbah
  • Instalasi PSRS
  • Instalasi K3RS
  • Instalasi SIMRS
  • Instalasi Loundry

 c. Program Instalasi Penunjang Medis

  • Program Instalasi Gizi

Pelayanan di Instalasi Gizi mencakup 5 kegiatan pokok yang meliputi :

  1. Program Penyelenggaraan makanan pasien dan karyawan
  2. Program Pelayanan gizi pasien rawat inap
  3. Program Pelayanan gizi pasien rawat jalan
  4. Program Penelitian dan pengembangan gizi terapan
  5. Program Administrasi gizi
  • Program Instalasi Laboratorium Klinik

Pelayanan di instalasi Laboratorium Klinik

  1. Program Penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat
  2. Program Pelayanan kesehatan pasien rawat jalan
  3. Program Pelayanan kesehatan pasien rawat inap
  4. Program Pelayanan kesehatan pasien IRD
  • Program Instalasi Rekam Medis
    1. Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan (Registrasi)
    2. Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap
    3. Sistem Identifikasi Dan Penomoran
    4. Simbol Dan Tanda Khusus
    5. Penyelesaian Dan Pengembalian Rekam Medis
    6. Penghapusan Rekam Medis
    7. Perekam Kegiatan Pelayanan Medis
    8. Formulir dan Cara Pengisian Rekam Medis
    9. Pengolahan Rekam Medis
    10. Pengambilan Kembali Rekam Medis
    11. Pengendalian Rekam Medis

 

  • Program Instalasi Farmasi
  1. Pengkajian dan pelayanan resep.
  2. Penelusuran riwayat penggunaan obat.
  3. Rekonsiliasi obat.
  4. Pelayanan informasi obat (PIO).
  5. Pemantauan Terapi Obat (PTO).
  6. Monitoring Efek Samping Obat (MESO).
  7. Evaluasi Penggunaan Obat (EPO).
  • Program Instalasi Radiologi
  1. Program pelayanan radiologi keadaan gawat darurat
  2. Program Pengelolaan prosedur keamanan dan prinsip proteksi radiasi.
  3. Program modalitas imaging di rumah sakit berdasarkan aspek teknis, meliputi : penggunaan Computer Radiografi, penyelenggaraan pemeriksaan radiodiagnostik konvensional, CT Scan, USG,  denah ruangan dan standar fasilitas.
  4. Program pelayanan aspek manajerial radiologi, meliputi : analisa dan distribusi tenaga kerja, prosedur pendaftaran, prosedur pembayaran, kontrol mutu, prosedur proteksi radiasi, dah prosedur keselamatan kerja serta nosokomial.
  5. Program pelayanan aspek hukum radiologi, meliputi : landasan dasar hukum penyelenggaraan pelayanan radiologi diagnostik.
  • Program Instalasi Rehabilitasi medik
  1. Peningkatan kualitas SDM
  2. Peningkatan kuantitas SDM
  3. Peralatan medis
  4. Perluasan ruangan
  5. Perlengkapan ruangan
  6. Pelayanan pasien
  7. Pembinaan lintas program lintas sektoral
  8. Pembinaan masyarakat
  9. Evaluasi pelayanan
  • Program Instalasi Kemitraan
  1. pembuatan dokumen perjanjian
  2. pembuatan dokumen perjanjian pendidikan dan latihan mahasiswa kesehatan
  3. pembuatan dokumen perjanjian pendidikan dan latihan mahasiswa kesehatan
  4. Pembuatan Resume Medis
  5. Program Keselamatan Kerja
  6. Program Pengendalian Mutu

 

  1. Instalasi Penunjang Non Medis
  • Program Instalasi Pengendalian Air dan Limbah (IPAL)
  • Program Pengelolaan Air Bersih dan Pengendalian Pengawasan Lingkungan Fisik, Kimia
  1. Pengelolaan Air Bersih
  2. Penyehatan Tempat Pencucian Umum termasuk Tempat Pencucian Linen/Binatu
  3. Pengawasan Sanitasi Makanan dan Minuman
  4. Pengawasan Lingkungan Fisik dan Kimia
  • Program Pengelolaan Limbah Cair
  1. Pengelolaan Limbah Cair
  2. Pengawasan Penyehatan Bangunan dan Ruang
  3. Penyuluhan Kesehatan Lingkungan
  • Program Pengelolaan Limbah Padat dan Pengendalian Pengawasan Lingkungan Biologi
  1. Pengelolaan Limbah Padat
  2. Sterilisasi dan Desinfeksi Ruangan
  3. Pengendalian Serangga Vector Penyakit dan Binatang Merugikan
  4. Pengawasan Lingkungan Biologi

 

  • Program Instalasi PSRS
  1. program penyediaan, pemeliharaan dan perbaikan sarana, prasarana dan peralatan di Rumah Sakit.
  2. Program kegiatan teknis pemeliharaan dan perbaikan sarana, prasarana dan peralatan di Rumah Sakit.
  3. Program penelaahan teknis dalam kegiatan pemeliharaan dan perbaikan sarana, prasarana dan peralatan di Rumah Sakit yang dilaksanakan oleh pihak ketiga.
  4. Program pengawasan, dalam melaksanakan pengadaan, pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan sarana, prasarana dan peralatan Rumah Sakit.
  5. Program pengolahan data inventarisasi sarana, prasarana dan peralatan Rumah sakit.
  6. Program pengawasan dan pengoperasian peralatan di Rumah Sakit.
  7. Program kalibrasi peralatan di Rumah Sakit.
  8. Program pelaporan sarana, prasarana peralatan di Rumah Sakit.
  9. Program sistem rujukan dengan instansi terkait.

 

  • Program Instalasi K3RS
  1. Pengembangan Kebijakan K3RS
  2. Pembudidayaan perilaku K3RS
  3. Pengembangan SDM K3
  4. Pengembangan Pedoman, Petunjuk Teknis dan Standar Prosedure Operasional (SPO) K3RS
  5. Pelayanan Lingkungan Kerja
  6. Pelayanan Kesehatan Kerja
  7. Pelayanan Keselamatan Kerja
  8. Pengumpulan, pengolahan, dokumentasi data dan pelaporan kegiatan K3
  9. Review Program Tahunan

 

  • Program Instalasi SIMRS
  1. program penyediaan, pemeliharaan dan perbaikan Komputer, jaringan komputer, CCTV, Broadcast TV RS dan Sistem Informasi manajemen di Rumah Sakit.
  2. Program kegiatan teknis pemeliharaan dan perbaikan Komputer, jaringan komputer, CCTV, Broadcast TV RS dan Sistem Informasi manajemen di Rumah Sakit.
  3. Program penelaahan teknis dalam kegiatan pemeliharaan dan perbaikan Komputer, jaringan komputer, CCTV, Broadcast TV RS dan Sistem Informasi manajemen di Rumah Sakit yang dilaksanakan oleh pihak ketiga.
  4. Program pengawasan, dalam melaksanakan pengadaan, pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan Komputer, jaringan komputer, CCTV, Broadcast TV RS dan Sistem Informasi manajemen Rumah Sakit.
  5. Program pengolahan data inventarisasi Komputer, jaringan komputer, CCTV, Broadcast TV RS dan Sistem Informasi manajemen Rumah sakit.
  6. Program pengawasan dan pengoperasian Komputer, jaringan komputer, CCTV, Broadcast TV RS dan Sistem Informasi manajemen di Rumah Sakit.
  7. Program Pengembangan Informasi Teknologi di Rumah Sakit.
  8. Program pelaporan kinerja atas kegiatan Komputerisasi, jaringan komputer, CCTV, Broadcast TV RS dan Sistem Informasi manajemen di Rumah Sakit.
  9. Program kerjasama sistem informasi antar lembaga dengan instansi terkait.

 

  • Program Instalasi Loundry
  1. Penerimaan linen kotor
  2. Pemilahan dan penimbangan linen
  3. Pencucian
  4. Pemerasan
  5. Pengeringan
  6. Penyetrikaan
  7. Pelipatan
  8. Penyimpanan
  9. Pendistribusian

 

  1. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan

Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui analisa hasil kegiatan pada Instalasi pelayanan Penunjang Medis dan non Medis setiap 6 bulan sekali dan selanjutnya disusun sebagai pelaporan hasil kegiatan Pelayanan Penunjang untuk disampaikan kepada Direktur

 

  1. Pencatatan, Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan
  2. Pencatatan

Pencatatan kegiatan dilaksanakan Sub. Bidang Pelayanan Penunjang  kemudian dibuat rekapitulasi setiap 6 bulan

  1. Pelaporan

Hasil pencatatan dilaporkan kepada Kabid  Pelayanan

  1. Evaluasi kegiatan

Evaluasi kegiatan pelayanan Sub. Bid. Pelayanan Penunjang sebagai hasil kegiatan dilakukan melalui rapat bidang Pelayanan.