Dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Sim) RSUD Lebih Efektif Dan Efisien





Dalam era globalisasi sekarang ini, rumah sakit dituntut untuk meningkatkan kinerja dan daya saing sebagai badan usaha dengan tidak mengurangi misi sosial yang dibawanya. Rumah sakit harus merumuskan kebijakan-kebijakan strategis antara lain efisiensi dari dalam (organisasi, manajemen, serta SDM) serta harus mampu secara cepat dan tepat mengambil keputusan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat agar dapat menjadi organisasi yang responsif, inovatif, efektif, efisien dan menguntungkan.

(more…)

Cara Mendaftar Berobat di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Curup





ANDA SIBUK…..
TAPI MAU BEROBAT DI
RSUD CURUP….
INI SOLUSINYA………..

PENDAFTARAN
PASIEN
RAWAT JALAN
DENGAN SMS

RSUD Curup selalu berinovasi agar mempermudah pelayanan kepada pasien, Khususnya bagi pasien yang mau berobat di poliklinik rawat jalan. Hanya dengan mengetik dengan format yang sudah ditentukan kemudian dikirim ke nomor yang sudah ditentukan maka pasein sudah terdaftar baik sebagai member maupun mendaftar untuk berobat di RSUD Curup pada esok harinya.

Setelah mendaftar maka masyarakat mendapat balasan dari operator anda mendapat antrian nomor …. dan silahkan datang ke rumah sakit pada pada jam…

(more…)

Workshop Sismadak Jelang Akreditasi RSUD Curup 2018





Untuk memudahkan tersentralnya dokumen dari pokja akreditasi RSUD Curup, sehingga memudahkan pencarian dokumen bagi pihak RSUD sendiri dan juga surveyor, maka oleh KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit) telah disediakan sebuah aplikasi yang dinamakan Sismadak, yang kepanjangannya adalah Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi.

Hal ini berguna untuk meminimalkan risiko kerusakan dokumen serta (jika di daerah) sering berpindah tugasnya SDM rumah sakit yang terkait dengan data akreditasi rumah sakit, sementara diperlukan proses penyimpanan dan pencarian yang lebih cepat saat dibutuhkan.

Oleh karena pentingnya dokumen terkait akreditasi, maka pihak RSUD Curup perlu memanfaatkan aplikasi SISMADAK yang disediakan oleh KARS. (more…)

Pemanfaatan Teknologi SMS Gateway Untuk Sistem Pendaftaran Rawat Jalan RSUD Curup





A. LATAR BELAKANG
Di tengah krisis multidimensi yang melanda tanah air kita, terdapat banyak masalah terjadi yang membuat rakyat Indonesia kebingungan untuk memajukan bangsa ini. Satu per satu masalah muncul di negeri ini, mulai dari bencana alam sampai penyebaran wabah penyakit. Isu yang paling mengancam nasib bangsa ini adalah masalah kesehatan nasional.

Dengan kondisi persaingan yang semakin tinggi antar rumah sakit, setiap rumah sakit saling berpacu untuk memperluas pasarnya. Harapan adanya perluasan pasar secara langsung adalah meningkatnya penjualan sehingga rumah sakit akan memiliki lebih banyak konsumen (pasien). Namun, rumah sakit selaku produsen haruslah memahami bahwa semakin banyak konsumen maka rumah sakit akan semakin sulit memahami konsumennya secara teliti, terutama tentang suka atau tidaknya konsumen terhadap barang dan jasa yang ditawarkan beserta alasan-alasan yang mendasarinya. (more…)

Peningkatan Mutu Dan Keselamatan Pasien (PMKP)





GAMBARAN UMUM, STANDAR, MAKSUD DAN TUJUAN, SERTA ELEMEN PENILAIAN

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pasien dan menjamin keselamatan pasien maka rumah sakit perlu mempunyai program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang menjangkau ke seluruh unit kerja di rumah sakit. Untuk melaksanakan program tersebut tidaklah mudah karena memerlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara kepala bidang/divisi medis, keperawatan, penunjang medis, administrasi, dan lainnya termasuk kepala unit/departemen/instalasi pelayanan. (more…)